ikuti Saluran WhatsApp Rumahdisolo.com. Klik WhatsApp

5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Belajar Public speaking!

Alasan public speaking penting dipelajari yaitu membangun personal branding, membuka kesempatan, lebih bisa dipertimbangkan, dan membuat perubahan.

‘Emang harus ya belajar public speaking?’

‘Nggak bisa gitu kita menjalani hidup ini tanpa tampil sama sekali di depan publik?’

‘Bisa ngga sih kita jadi orang di belakang layar aja?’

Eits, jangan salah!

Apapun profesi kamu, kemampuan public speaking sangat penting untuk menunjang kesuksesan kamu.

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang ‘5 Alasan kenapa kamu perlu belajar public speaking’

Sebelum itu, kita pahami dulu pengertian public speaking. ‘Apasih sebenarnya public speaking itu?’

Kalau kita terjemahkan dari bahasa Inggris kedalam bahasa Indonesia, memiliki arti ‘berbicara di depan umum’

Namun sebenarnya bukan hanya asal bicara saja!

Public speaking adalah sebuah proses komunikasi di depan public dimana pembicara atau komunikator menyampaikan sebuah pesan kepada audiens. Adapun pesannya harus disampaikan dengan teknik-teknik tertentu agar dapat diterima dengan baik oleh audience (Lucas, 2019).

Teknik disini maksudnya adalah penyusunan materi yang baik, artikulasi yang jelas, dan lain sebagainya.

Nah, sekarang pertanyaannya adalah ‘Kenapa sih belajar kemampuan public speaking ini jadi penting banget untuk kita?’

Langsung saja kita bahas ini dia 5 Alasan pentingnya belajar public speaking

  1. Membangun Personal Branding
  2. Yang pertama, public speaking itu sangat penting untuk membangun personal branding terutama dalam membangun kesan pertama yang baik.

    Jadi, dalam dunia profesional atau mungkin juga dalam kegiatan sehari-hari, orang-orang disekitar kita akan menilai diri kita.

    Apasih biasanya yang mereka nilai? Jawabannya adalah penampilan, sikap, dan yang paling penting adalah cara berbicara kita.

    Sebagai contoh, pernah nggak sih kamu melihat seseorang yang penampilannya sudah keren banget, rapi, cantik, atau ganteng? Tetapi begitu orang tersebut berbicara membuat kamu merasa ilfil?

    Nah, jangan sampai kita seperti itu!

    Oleh karena itu sangat penting untuk mempelajari cara berkomunikasi yang baik. Kalau cara bicara kita tidak meyakinkan, suaranya kecil, tidak percaya diri, dan terbata bata. Maka kita akan memberikan kesan yang tidak baik.

    Sepintar apapun kamu, kalau cara bicara kamu tidak oke, orang akan ragu untuk bekerjasama denganmu. Sebaliknya, kalau kamu mampu untuk berbicara dengan lancar, percaya diri, dan meyakinkan. Maka kesan yang timbul akan jauh lebih baik.

    Jadi, hal itu akan membuat orang yakin untuk bekerjasama dengan kamu.

  3. Open the doors of opportunity
  4. Yang kedua, public speaking bisa membuka pintu-pintu kesempatan yang tidak pernah kita duga sebelumnya.

    Open the doors of opportunity

    Jadi public speaking itu sebenarnya adalah bentuk publisitas yang mungkin paling simpel. Dengan kita berbicara dan didengar orang, bisa membawa banyak kesempatan baik ke dalam hidup kita.

    Misalnya seorang ilmuan, setelah melakukan penelitian biasanya mereka datang ke konfrensi untuk mempresentasikan hasil penelitiannya atau mungkin bicara ke media tentang hasil penelitian atau trobosan baru yang telah dibuat.

    Lalu, dari event atau hasil wawancara dengan media tersebut, sering kali ada pihak-pihak yang menawarkan kerjasama atau kolaborasi. Sehingga ilmuan tersebut dapat jauh lebih berkembang dan sukses lagi untuk kedepannya.

    Begitupun dengan kita, apabila kita memiliki kemampuan untuk menyampaikan ide dengan baik dan meyakinkan melalui kegiatan public speaking, tentu bisa membuka berbagai kesempatan emas untuk hidup kita.

  5. Make you stand out from the crowd
  6. Ketiga, berdasarkan hasil survey menunjukkan bahwa untuk pekerjaan tertentu, kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi dengan baik lebih diperhitungkan oleh perusahaan daripada major atau background pendidikan dari sang kandidat.

    Maksudnya, untuk pekerjaan sebagai marketing contohnya, kamu yang mungkin memiliki pendidikan sastra inggris namun memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik akan lebih diperhitungkan daripada yang background pendidikannya yaitu marketing, tetapi mungkin tidak bisa berkomunikasi dengan baik.

    Bahkan, untuk pekerjaan lain yang mungkin ilmunya spesifik seperti jadi enginer atau reseach development misalnya, pasti kamu akan makin dipertimbangkan dari kandidat lainnya apabila kamu memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.

  7. One of the most important Leadership skills
  8. Para CEO perusahaan ternama sepakat bahwa public speaking adalah One of the most important Leadership skills yang harus dikuasai.

    Karna pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa mengkomunikasikan ide dan gagasannya serta bisa menginspirasi bawahan atau teamnya untuk bekerja lebih baik lagi.

    Jadi ingat, salah satu faktor penting dalam leadership yang baik adalah kemampuan berkomunikasi dengan baik.

    Oleh karena itu, belajarlah public speaking dari sekarang. Karena nantinya semakin karir kamu meningkat, kamu akan semakin dituntut untuk bisa berbicara dengan baik di depan umum.

  9. Make a Change
  10. Terakhir yang paling penting, kemampuan public speaking sangat dibutuhkan untuk membuat sebuah perubahan. Perubahan apapun yang ada di muka bumi ini, selalu diawali dengan kegiatan public speaking.

    Misalnya, Indonesia dapat merdeka seperti sekarang karena pada zaman dahulu para pahlawan bisa meyakinkan rakyat Indonesia untuk lepas dari penjajahan.

    Melalui berbagai kesempatan orasi, para pahlawan menyuarakan dan meyakinkan rakyat bahwa dengan melawan penjajah kita bisa hidup lebih baik lagi nanti di tanah sendiri. Sampai akhirnya Indonesia dapat merdeka.

    Jadi kalau kamu berfikir akan sesuatu, kamu ingin membuat sebuah perubahan, pelajarilah public speaking skills terlebih dahulu. Agar kamu mampu untuk mengungkapkan gagasan dan opini kamu untuk membuat sebuah perubahan.

Allright, itu tadi 5 alasan kenapa public speaking itu sangat penting untuk dipelajari yaitu untuk membangun personal branding, membuka pintu kesempatan, membuat kamu lebih dipertimbangkan, menjadi pemimpin yang baik, dan untuk membuat sebuah perubahan.

So, tidak ada alasan lagi kamu tidak belajar public speaking. Percayalah, hidupmu akan semakin berubah apabila kamu memiliki kemampuan berbicara di depan umum dengan baik.

Saya adalah manusia super cantik yang suka menulis. Nikmati tulisan saya. Tentang Saya