ikuti Saluran WhatsApp Rumahdisolo.com. Klik WhatsApp

7 Cara efektif meningkatkan Fokus Belajar

pada artikel kali ini akan mengulas cara untuk meningkatkan fokus belajar agar lebih efisien dan tips agar dapat meningkatkan intensitas belajar.

Dengan mempertimbangkan apa yang akan kalian pelajari dan sedikit trik mental, kalian juga dapat meningkatkan intensitas fokus belajar.

Tips yang akan dibahas ini ideal bagi kalian yang akan mengikuti ujian besar semacam ujian seleksi sepeti UTBK, tes CPNS, dan sebagainya.

kita akan mulai dari tips yang basic kemudian terjun lebih spesifik.

  1. Eliminasi Distraksi
  2. Kalian sudah tahu eliminasi distraksi ini bermaksud untuk menyingkirkan hal-hal yang mengganggu seperti Hp, apabila dalam keadaan fokus kemudian ada yang menarik dan fokus kalian hilang, sangat sulit untuk bisa kembali ke zona fokus yang sebelumnya.

    Jadi, pastikan sebelum kalian belajar semua distraksi sudah di eliminasi.

    'tapi aku terganggu bukan karena HP, melainkan oleh pikiranku sendiri'

    Apabila yang mengganggu adalah pikiran kalian sendiri, ada dua cara yang dapat membantu.

    CARA PERTAMA: Aturan 3 Detik

    Ketika belajar dan pikiran kalian mulai kemana-mana, mulailah berhitung 1 sampai 3, kemudian lupakan apapun yang ada di pikiran kalian dan kembali fokus dengan apa yang sedang kalian lakukan yaitu belajar.

    Namun, bisa juga apa yang kalian pikirkan merupakan hal yang penting, apabila itu terjadi maka lakukan cara kedua.

    CARA KEDUA: Lembar Distraksi

    Siapkan selembar kertas untuk menulis hal penting yang kalian pikirkan. Misal, hal penting yang terpikirkan adalah resep makanan yang ingin dimasak, tulis dalam lembar distraksi 'resep makanan'

    Jadi, ketika sedang belajar dan terpikirkan hal-hal menarik yang menurut kalian penting, tulis dalam lembar distraksi. Kemudian, setelah selesai belajar kalian dapat kembali membuka lembar distraksi ini.

  3. Target yang Jelas
  4. Langkah selanjutnya adalah menetapkan target yang jelas. Ibaratnya, apabila kalian seorang pelari tanpa memiliki target berupa waktu dan jarak. Akhirnya kalian akan lebih mudah menyerah ketika sudah merasa lelah kemudian memutuskan untuk berhenti.

    Namun, apabila kalian memiliki tujuan untuk lari 500m dalam waktu 3 menit. Ketika kalian merasa lelah di tengah jalan, kalian memiliki alasan untuk mendorong diri kalian untuk terus berlari dan mencapai tujuan.

    Jadi, sebelum kalian belajar tetapkanlah target yang jelas. Bisa menetapkan jumlah soal yang akan dikerjakan, banyak materi yang akan dipelajari, atau lama waktu kalian belajar.

  5. Aturan 4%
  6. Aturan 4% ini adalah aturan yang memerintahkan untuk belajar atau mengerjakan sesuatu yang tingkat kesulitannya 4% lebih tinggi dari kemampuan kalian saat ini

    Ini erat kaitannya dengan konsep flow yang dicetuskan oleh Mihaly Csikszentmihalyi seorang penulis dan profesor psikologi.

    Flow ini adalah zona dimana kalian mengerjakan sesuatu dan perhatian kalian fokus ke satu tujuan tanpa memperdulikan hal lain.

    Apabila kalian dapat memasuki zona ini, kalian dapat fokus secara maksimal dengan aktifitas yang sedang dilakukan.

    Nah, salah satu syarat untuk memasuki zona flow adalah dengan mengerjakan sesuatu yang tingkat kesulitannya sedikit lebih tinggi daripada kemampuan kalian saat ini, untuk memudahkan diberikanlah angka 4%.

    Jadi, pelajarilah sesuatu 4% lebih sulit dari kemampuan kalian saat ini. Tujuannya adalah agar kalian terus tertantang dan terstimulasi untuk mengerjakan hal yang lebih sulit dari kemampuan kalian.

    Contoh hal yang dapat kalian lakukan yaitu dengan siapkan jumlah soal yang lebih tinggi. Misal kemarin kalian dapat mengerjakan 15 soal dalam waktu 20 menit, kalian dapat menambahkan menjadi 20 soal dalam 20 menit.

  7. Stasiun Pengecasan
  8. Tips berikutnya adalah Stasiun Pengecasan. Ini adalah aktivitas yang kalian kaitkan dengan mental riset. Ingat, kekuatan, motivasi dan dorongan kita untuk belajar itu terbatas. Apabila kita menggunakan semua itu dalam energi yang maksimal, kemungkinan besar kita akan lelah. Jadi, pastikan mental kalian dalam kondisi prima untuk belajar.

    Untuk memastikan kalian dalam kondisi prima, kalian bisa menggunakan energi secara perlahan dan sedikit-sedikit.

    Aktivitas yang masuk kedalam stasiun pengecasan ini adalah aktivitas yang bisa kalian kaitkan dengan reward/hadiah setelah belajar untuk memberikan motivasi sebelum belajar.

  9. Mindest 'Tanggung'
  10. Sugesti mental 'Tanggung! Dikit lagi nyampe...'

    Dalam penerapannya, misalkan kalian memiliki target mengerjakan 7 soal. Ketika telah selesai di nomor ke tujuh, kalian berfikir 'Aduh, nanggung! 3 soal lagi sampai nomor 10!', akhirnya kalian mengerjakan hingga nomor 10.

    Jadi, dengan Mindset 'Tanggung' ini kalian selalu menambah dan meningkatkan standar, sehingga kalian memiliki alasan untuk terus berjalan.

  11. Tingkatkan Standar
  12. Salah satu cara yang dapat kalian gunakan yaitu apabila minggu lalu kalian belajar selama satu jam, sekarang kalian harus bisa menambah menjadi satu jam 15 menit.

    Atau, minggu lalu kalian berhasil mengejakan 10 soal. Maka, hari ini harus bertambah menjadi 15 soal, dan seterusnya

    Dengan cara ini, kalian dapat meningkatkan standar kalian agar

  13. What to Expect
  14. Berikutnya tentang 'apa yang bisa kaliam ekspektasikan?'.

    Yang jelas, kalian harus Show Up atau hadir setiap hari. Perubahan-perubahan yang kalian rasakan tidak akan terasa dalam jangka waktu satu atau dua hari. Namun, akan berasa dalam jangka waktu yang lama. Ini adalah progres yang kalian lewati karena semua orang memulai pasti dari awal.

    Apabila kalian terlalu berekspektasi tinggi dan tidak dapat mencapainya, kalian akan jatuh dan tidak ingin bergerak kembali.

    Bayangkanlah diri kalian 3-4 bulan dari sekarang. Pikirkanlah apa yang dapat kalian mulai hari ini, yang akan membuat diri kalian di masa depan berterima kasih.

Saya adalah manusia super cantik yang suka menulis. Nikmati tulisan saya. Tentang Saya